Pages

August 8, 2011

Catatan PKL [1 bulan + 2 minggu] #3

•CV dan lamaran kerja.

CV adalah hal yang cukup penting dalam melamar pekerjaan. Apa sih guna sebenarnya dari CV?

CV bisa dikatakan sebagai sarana untuk memperkenalkan diri kita ke perusahaan atau tempat kita melamar pekerjaan. Jadi? Tulislah CV selengkap mungkin dan sejelas-jelasnya, tapi hindari hal-hal yang tidak perlu.

Bagi perusahaan, CV sangat berguna untuk mengenali siapa anda sebenarnya, di mana dari pihak anda dan pihak perusahaan belum pernah bertemu sebelumnya. First impression bisa didapat saat membaca CV anda. Jadi jangan heran kalau anda sering dengar cerita bahwa pihak perusahaan menyeleksi banyak CV yang masuk hanya dalam waktu sekejap. Salah satu alasannya karena apa yang ditulis di CV tersebut tidak bisa menggambarkan diri anda sepenuhnya.

Contohnya mudah saja. Katakan saja melamar pekerjaan di perusahaan IT. Yang perlu diperhatikan, lihat targetnya. Tulis hal-hal yang perlu dan penting saja. Jangan menulis hal yang kurang perlu. Misalkan saja hobby, kalau kasusnya melamar ke perusahaan IT, ya jangan menulis bersepeda atau menyanyi sebagai hobby anda. Ya kalau itu memang hobby anda sebenarnya, coba dikesampingkan dulu, karena pihak perusahaan ingin mengenal anda. Bagaimana mungkin pihak perusahaan berminat menerima anda di tempat kerja mereka yang dalam kasus ini perusahaan IT, tetapi anda menulis hobby anda adalah menyanyi?

Jadi, hati2 dalam menulis CV. Yang penting jelas, tidak bertele-tele dan tulis dengan sejujur mungkin. Semoga bermanfaat :)