Pages

February 3, 2010

Telur dan persahabatan..?

Beberapa hari ini kuhabiskan waktuku bersama lappy dan headphone untuk mendengarkan 4 cd tentang relationship.. Hahaha.. Belum semuanya sih, sampai kemarin masih tersisa 1 cd lagi yang belum aku dengarkan..

Jadi, setelah mendengarkan isi dari cd itu, yah.., banyak hal menarik yang ada di dalamnya.. Secara keseluruhan memang tentang relationship, baik itu dengan pasangan atau dengan teman-teman kita sehari-hari.. Kalau tidak salah di cd ke 3, ada sebuah quote yang dibahas yaitu, "..show me your friends, and I'll know who you are..". Dari quote singkat itu, mulai deh, berpikir dan berpikir.. *padahal cd nya juga belum selesai didengerin waktu itu :p*


Ya, dari quote dan penjelasan di dalam cd itu, aku mulai menangkap lebih dalam lagi tentang satu hal yaitu relationship. Kita tentunya memiliki teman di dalam hidup ini dan setiap hari kita be-relasi dengan teman-teman kita. Ternyata, teman-teman kita sehari-hari bisa menunjukkan atau mencerminkan siapa kita ini di mata orang lain. Artinya dimana kita duduk di dalam sekumpulan orang, dan ketika kita merasa nyaman dengan orang-orang di dalam kumpulan tersebut, disanalah tercermin juga siapa diri kita.

Teman sangat mempengaruhi diri kita. Berhati-hatilah dalam berteman! Bukan maksudnya pilih-pilih teman, tetapi dimana kamu ada, dan disana kamu nyaman, berarti setidaknya itu sudah menggambarkan siapa dirimu. Mengertilah batas-batas dimana kita membangun atau membina sebuah hubungan. Saat kita berada di dalam perkumpulan yang negatif, maka semakin lama secara perlahan, kita akan menjadi nyaman dengan hal-hal yang negatif juga, walau mungkin sebelumnya kita menyangkal bahwa kita tidak akan jadi negatif.

Berteman memang perlu tapi harus tahu batasan-batasan yang ada karena di dalam pertemanan yang kita bangun itu, kita juga membangun siapa diri kita. Disaat kita berada di dalam pertemanan yang positif, di sana kita juga membangun diri kita untuk menjadi positif dan lebih positif. Nyambung ke cd pertama *kalo ga salah :D* tentang perumpamaan telur baik dan telur basi. Kalo ada 10 telur dan itu telur baik semuanya, kalau dicampur menjadi 1 dan lalu dimasak... *wah ya enak itu, huahahahahaaa..* ya jadilah telur goreng yang enak.. Tapi andaikan saja dicampurkan satuuuuuu saja telur basi, jadi apakah telur yang sebelumnya enak itu? Yaaaa, jadi ngga enak.. 1 mempengaruhi 10.. Walau nanti ditambahkan 1000 telur lagi *jadi berapa yah jumlahnya? :p* ya tetap saja tidak enak karena sudah ada satu yang basi.. Walau digorengpun, tidak akan bisa menghilangkan rasa dan aroma telur basi yang ada di telur itu..

Begitu juga dalam membangun pertemanan. Sedikit saja bisa merusak seluruh diri kita jika kita tidak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.. Walau pertemanan bisa diumpamakan seperti telur tadi, untunglah persahabatan manusia tidak sekolot telur baik dan telur busuk tadi.. Di sini berlaku yang mana baik bisa membuat yang buruk menjadi baik juga.. :) Seseorang yang negatif bisa menjadi positif jika dia berkumpul di kumpulan orang-orang positif! Jadi, mari membangun pertemanan yang positif!

God bless! :)