Pages

September 7, 2012

Pelayanan

Apa yang anda pikirkan pertama kali saat anda membaca judul postingan kali ini? 
Pelayanan
Emang, kenapa dengan pelayanan? Ok, mari kita lihat dari kehidupan kita sehari-hari dulu..

Hari ini, teknologi terus berkembang. Jika kita mencoba sejenak membandingkan tentang hari ini dan hari di beberapa waktu yang lalu (1 tahun lalu, 10 tahun lalu, dst..), semuanya tampak berbeda tentunya. Kalau dilihat-lihat, hari ini semua pada tau, kenal atau mungkin gila dengan yang namanya teknologi. 



Kita persempit saja ke hal yang mungkin paling ngetop sekarang ini, gadget. Kayaknya hampir tiap bulan deh ada yang baru, atau mungkin gak sampai 1 bulan pasti ada aja gadget baru yang muncul. Keluar baru, beli, keluar baru lagi, jual lalu beli yang baru. Ya, kira-kira seperti itu siklusnya untuk mereka pecinta gadget :)

Tapi jika kita mau memperhatikan, ada hal yang seringkali selalu ada dalam proses jual beli gadget
..dapat service apa nih?
Yak, benar sekali. Biasanya pertanyaan itu ditanyakan dengan maksud untuk mengetahui garansi yang didapatkan, atau mungkin bonus jika membeli gadget tersebut jika ada. Garansinya bagaimana? Kalau rusak bagaimana? Garansi penuh atau cuma spare-part ajah? Bahkan tak jarang orang membandingkan antara 1 penjual dengan penjual yang lain. Jika merasa mendapat pelayanan yang lebih baik di penjual yang lain, tentunya anda akan memilih yang lebih baik bukan? Yup, yang anda cari adalah pelayanan yang terbaik.


Sebenarnya tidak hanya dalam hal gadget, tapi hampir dalam segala hal kita selalu memperhatikan tentang 'pelayanan' apa yang kita dapat. Kata ini bisa menjadi kata yang bermakna luas. Kita bisa saja mendapatkan gambaran yang berbeda tentang kata ini saat kita berada dalam gereja dan saat kita berada di toko elektronik, rumah makan, hotel, supermarket, badan usaha milik negara, dan lain-lain.

Jadi singkatnya, 'pelayanan' itu penting! Dilayani itu enak, tapi melayani itu juga penting! Banyak orang hanya duduk diam setiap minggu dan berpikir bahwa dirinya tidak pernah mendapatkan bagian pelayanan di gereja. Yang perlu anda ketahui adalah, pelayanan tidak terbatas pada apa yang anda lihat di gereja, singer, pemain musik, worship leader, penyambut tamu, dlsb.

Jangan. Jangan memposisikan diri anda pada pemikiran yang seperti itu. Yang perlu anda temukan adalah panggilan pelayanan anda.
Di manakah panggilan pelayanan saya, ya Tuhan?
Anda adalah orang yang berharga dan Tuhan tentu memberikan kepada setiap kita kemampuan (talenta) yang berbeda-beda. Kini, bagaimana anda menggunakannya untuk kemuliaan-Nya. Maukah anda dipakai untuk kemuliaan nama-Nya? Tentukan pilihanmu dan cari tahu panggilan itu. Tuhan memberkati. :)