Pages

July 7, 2012

A Message from Him on Graduation Day

Luar biasa! Sekali lagi, ini bukan sebuah kebetulan bagi saya. Sabtu 7 Juli 2012, hari dimana saya bersama teman-teman merayakan Wisuda. Hari dimana saya mendapatkan banyak ucapan selamat. Dan saya percaya, Tuhan tidak lupa dengan kami anak-anakNya. Sungguh, dia memberikan pesan melalui apa yang saya dapatkan dari renungan di hari itu pula. Take a look guys!

HIDUP BARU

Baca: Efesus 4:17-32
... supaya kamu dibarui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya. (Efesus 4:23-24).


Selama 16 tahun, John Kovancs tinggal di terowongan kereta api bawah tanah nan gelap. Saat ada perbaikan terowongan, ia terpaksa mencari tempat tinggal baru. Suatu saat, ia terpilih menjadi orang pertama yang memenangkan program “mengubah tunawisma menjadi penghuni rumah tetap” yang diadakan The New York Times. John meninggalkan tempat tinggal lamanya dan menjadi petani organik di New York. Katanya, “Udara di luar sini terasa lebih baik. Saya tak akan merindukan kehidupan lama saya. Saya tak akan kembali ke sana lagi.”

Pernyataan John semestinya juga mewakili sikap hati kita dalam menjalani kehidupan manusia baru di dalam Kristus. Paulus menyebutnya “menanggalkan manusia lama” dan “mdngenakan manusia baru” (ayat 22-23). Mengapa mesti menanggalkan manusia lama? Manusia lama itu jauh dari hidup yang berasal dari Allah (ayat 18). Oh, adakah yang lebih buruk daripada hidup yang jauh dari Allah? Hidup yang diliputi kebodohan dan kekerasan hati; membuat perasaan menjadi tumpul sehingga hawa nafsu, serakah, dan perbuatan cemarlah yang dilakukan setiap kali (ayat 19). Sementara itu, mengenakan manusia baru berarti dibarui dalam roh dan pikiran (ayat 23); diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya (ayat 24). Jadi, ada perubahan selera dan orientasi hidup; meneladan Kristus (ayat 20); ramah, penuh kasih mesra, saling mengampuni (ayat 32).

Masihkah kita menginginkan manusia lama? Dalam hal apa kita cenderung berbalik kepada manusia lama? Mari mohon pengampunan Tuhan. Diiringi pertolongan Roh Kudus, serukanlah komitmen John Kovancs: “Saya tak akan kembali ke sana lagi!”—NIL


MANUSIA BARU MEMUNCULKAN SELERA HIDUP YANG BARU.
(dikutip dari renunganharian.net 7 Juli 2012)

Hari baru, manusia baru. Ini sungguh menjadi ucapan selamat sekaligus pesan dari-Nya untuk kita semua. Thanks God :) I Love You

1 comment:

Write everything in your mind about my post here