Pages

July 16, 2011

Catatan PKL [1 bulan]

1 bulan sudah saya berada di Surabaya untuk menjalani praktik kerja lapangan saya di Fiesto Informatika Indonesia. Banyak hal yang sudah saya jalani di sini, banyak hal juga yang sudah saya pelajari di sini. Banyak hal yang belum saya ketahui sebelumnya dan saya mempelajarinya saat saya harus ikut terjun dalam dunia kerja melalui praktik kerja lapangan seperti ini. Yah, inilah PKL itu, benar-benar merasakan apa yang dirasakan orang-orang yang sudah bekerja di luar sana.

Selama menjalani PKL ini, wawasan saya juga semakin terbuka, bagaimana lingkungan yang menunggu saya di luar sana setelah nantinya saya menyelesaikan kuliah saya. Yah, 1 bulan ini cukup bisa menjawab mengapa orang-orang selalu bilang bahwa "masa yang terindah adalah masa saat kita masih sekolah". Dari dulu saya tidak bisa mengerti secara jelas, kata-kata itu cuma masuk begitu saja dan saya menjalani kegiatan belajar saya di sekolah-kampus begitu saja. Tapi, memang kalau sudah merasakan linkungan kerja, jawabnya "iya juga ya..".


Mengapa? Hmm, ada hal-hal yang sulit untuk diungkapkan lewat kata-kata, tetapi dengan menjalaninya bisa menyadarkan saya tentang indahnya masa sekolah itu. Yang paling bisa dijelaskan yaitu, di lingkungan sekolah-kuliah, kita masih bisa berteman dengan banyak orang. Kita bisa dong punya banyak teman sewaktu sekola-kuliah, bahkan ada waktu untuk ngobrol sekaligus bercanda bersama teman-teman kita.

Dunia kerja? Rata-rata jam kerja mulai jam 8 pagi masuk sampai jam 5 sore. Dalam kasus saya, mendapat teman di tempat kerja tentu masih bisa, tetapi tidak akan sebanyak kita mendapatkan teman saat kita masih di masa sekolah-kuliah. Tema di tempat kerja ya itu-itu saja, satu tempat kerja itu. 1 jam istirahat, kami makan masing-masing ke tempat makan yang sesuai dengan selera masing-masing. Terkadang ada kalanya pergi bersama ke sebuah tempat makan yang sama, tetapi jika dibandingkan dengan jam istirahat di masa sekolah-kuliah, oh tentu terasa lebih menyenangkan, walau jam istirahat sekolah-kuliah relatif lebih singkat dibanding jam istirahat orang yang bekerja.

Mengapa? Teman. Itu salah satu yang bisa saya katakan. Adanya teman itu mengisi keseharian kita. Semakin banyak teman, semakin menyenangkan pula hari-hari yang kita jalani. Nggak salah kalau dulu saya pernah dengan ada seorang yang berkata, "masa sekolah adalah waktunya kalian mencari teman sebanyak-banyaknya". Oh sungguh, kalimat itu terjawab sudah.

Dalam kasus saya, teman yang pasti adalah peralatan kerja saya (komputer jinjing, mouse, handphone, dll). Tiap hari di tempat kerja harus berhadapan dengan peralatan tersebut, dan itu saya jadikan teman saya untuk mengerjakan semua tugas yang saya terima dari pak Bos.

Yah, banyak belajar juga selama satu bulan ini dari pak Bos. Kata-kata yang sering diucapkannya yaitu, "..bisa..". Saat saya sedang menghadapi permasalahan dalam memecahkan persoalan dalam pekerjaan saya, dengan mantabnya pak Bos selalu berkata "BISA!". Contohnya, saat membuat aplikasi BlackBerry yang mana saya belum mengerti sebelumnya dan saya mengalami kesulitan saat mengerjakannya, pak Bos lagi-lagi mengulang kata-kata itu dengan variasi yang semakin unik, seperti.. "..ah BISA! Lha orang lain aja bisa membuat aplikasi untuk BB, masa kamu ga bisa?!". Yang terbesit di pikiran saya, "..wah saya kan masih newbie, jangan bandingkan saya dengan mereka yang membuat aplikasi seperti Facebook for BlackBerry gitu..". Tapi pak Bos mengeluarkan jurus pamungkas nya, "..kamu kan lebih hebat dari mereka..". Sejenak...., "..BUSEEET..". Tapi sejenak kemudian, iya juga ya, saya pasti bisa lah, cuma saya belum bisa aja, bukan tidak bisa. Kalau sudah berkata tidak bisa itu seakan-akan memang sudah tidak ada harapan, tapi kalau belum bisa itu bisa saja belum mengerti atau belum waktunya aja :D.

Yah, dibiasakan untuk tidak bilang tidak bisa, mending bilang belum bisa. Boleh lah bilang tidak bisa, asal ada bukti kalau memang hal tersebut tidak bisa dilakukan. Hahaha, terima kasih pak Bos, sungguh semua yang saya alami di tempat kerja selama 1 bulan ini membuka wawasan saya lebih dan lebih lagi.

Semoga sharing ini bermanfaat bagi para pembaca. God bless :)

2 comments:

Write everything in your mind about my post here