Pages

June 21, 2011

Catatan PKL [hari ke 1-2]

PKL atau Praktik Kerja Lapangan. Sudah 2 hari aku menjalaninya. PKL di mana? * kayaknya itu yang terbesit di benar pembaca :p * Okay, PKL di Surabaya, lebih tepatnya lagi di Fiesto Informatika Indonesia. Apa itu? Ya, dari 2 hari ini bisa saya katakan, Fiesto = software house. Ya, saya belum bisa berkata banyak, kan masih 2 hari, jadi saya cerita hal apa saja yang sudah saya lakukan 2 hari ini.

Oke, hari pertama, masuk pukul 08.30, disambut oleh Fiesto dan ada sedikit perkenalan di ruang meeting. Awalnya kami bingung, wah pagi-pagi sudah rapat. Rapat membicarakan progress apa saja yang sudah dikerjakan oleh tim yang ada di Fiesto. Oke, cukup terarah tampaknya (alias gak asal-asalan). Meeting selesai dan mulailah aku dapat tugas pertama. Apa itu? Tugasnya adalaaaaah...
..mengembangkan aplikasi BlackBerry..
Wah, hal baru ini buat aku. Selama ini punya BB taunya cuma memakai software yang sudah ada, sekarang waktunya belajar gimana caranya untuk develop software di BB. Dibimbing oleh rekan sseperjuangan kami di sana (mahasiswa dari Ciputra), yah mulai deh belajar dasar-dasar membuat aplikasi untuk BB. Kalian tau lah aplikasi apa yang selalu dibuat oleh newbie saat harus mempelajari sesuatu yang baru, hehehehe.. Buat kalian yang ga tau, aplikasi pertama yang dibuat adalah:
..hello world!..

Udah tugasnya gimana membuat BB itu bisa menyapa usernya dengan kata-kata "hello world!". Yah, belajar deh bagaimana memakai yang namnya Java untuk mobile. Sampai hari pertama berakhir, ada progress lah. Sudah bisa menyapa "hello world!" dari BB da sudah bisa membuat aplikasi sederhana yang terhubung ke internet, dimana di aplikasi itu kita bisa menulis pesan lalu disubmit ke database online. Bisa jalan sih, tapi jujur kalo konsepnya belum seberapa paham, intinya pakai yang namanya HttpConnection. Apa lagi ini? Hahaha, saya juga belum seberapa paham, ada yang tahu dan mau membantu saya? Mohon bantuannya.. :D


Yak, hari kedua. Lagi-lagi rapat pagi-pagi. Tampaknya setiap pagi di sini rapat untuk mebicarakan progress report. Hari kedua saya, mulai mengarah ke pembuatan aplikasi tetapi menggunakan BlackBerry Push. Apa itu? Tanya mbah Google ajah pasti dapet banyak jawaban. Nah, hal baru lagi dan ternyata cukup ribet membuat aplikasinya. Register, signing application, dan lain-lain. Udah gitu Software Development Kit (SDK)-nya se-gajah size nya. Ahahahaha, hari kedua cuma membaca dan tidak terlalu banyak implementasi, karena konsepnya masih bingung dan ada kendala dalam meng-install SDK nya. Ya, tapi tetap lah dihitung ada progress walau cuma sedikit. Hihihi..

Yah, berharap hari-hari kedepan semakin paham saja, semoga tidak stuck begitu. Hahaha. Terima kasih untuk pembaca yang sudah membaca, apalagi yang mau membantu saya :p. Ya, mungkin beberapa hari ke depan saya akan bercerita lagi, jadi kembalilah kemari untuk mendengan cerita saya :p.

Sekian dulu hari ini. God bless! :)

No comments:

Post a Comment

Write everything in your mind about my post here