Pages

April 26, 2010

Baik, Benar atau Baik dan Benar?

Baik dan Benar. Sering sekali kita mendengar kata tersebut, dan umumnya orang jarang berbicara lebih jauh tentang baik dan benar. Jarang sekali ada orang yang mempermasalahkan kedua kata tersebut. Yah, tentunya postingan ini juga bukan bermaksud mempermasalahkan kedua kata tersebut, tetapi ini sharing ide buat kita semua.

Kali ini kedua kata di atas dihubungkan dengan perbuatan. Perbuatan baik dan perbuatan benar. Apa sih bedanya? Tentunya kedua kata itu berbeda secara makna juga jika kita pandang lebih dalam. Begini saja, supaya lebih mudah kalian jawab pertanyaan berikut ini, dan setelah menjawabnya, kalian bisa melanjutkan membaca lagi.

"..manakah yang menurut kalian lebih cocok dengan kalian? Perbuatan yang baik atau perbuatan yang benar..?"

Pernah mendengar cerita tentang robinhood? Apa yang dia lakukan bisa dikatakan "mencuri" barang orang lain dan barang hasil curian tersebut diberikan kepada orang lain yang kurang mampu atau membutuhkannya. Apa yang dia lakukan tentunya dipandang sebagai sesuatu yang baik bagi orang yang mendapatkan bantuan darinya. Tentu saja, dia dipandang sebagai seorang pahlawan bagi mereka yang tertindas. Ya, itu bisa dikatakan sebagai perbuatan baik, tetapi menurut kalian apakah perbuatan itu bisa dikatakan sebagai perbuatan yang benar?

Kalau jaman sekarang, bisa digambarkan dengan orang yang korupsi, tapi hasil korupsinya diberikan untuk mereka yang tidak mampu. Okee, perbuatan itu baik sekali, tetapi apa perbuatan itu benar? Coba kita pikir sekali lagi! Tentunya itu bukanlah perbuatan yang benar! Coba saja kalau salah satu dari kalian punya kesempatan untuk bertemu dengan orang yang korupsi dan hasil korupsinya dibuat untuk kebaikan, coba tanya ke orangnya apa perbuatan yang dia lakukan baik? Baik tentunya tetapi coba bertanya apa yang dia lakukan itu benar? Tentunya tidak benar dong! Baik itu relatif untuk segelintir atau sekelompok orang.

Jadi kita harus paham betul antara perbuatan yang baik dan perbuatan yang benar. Jangan sampai kita melakukan perbuatan yang berat sebelah, dimana perbuatan itu baik tetapi perbuatan itu tidak benar. Perbuatan baik tidak selalu benar tetapi perbuatan benar pasti baik! Dan tentunya baiknya kita melakukan perbuatan yang baik dan benar bukan? So, hati-hati dengan apa yang kalian perbuat! Berpikirlah sebelum bertindak! God bless!