Pages

September 5, 2009

Bahan refleksi diri..?

Hari ini, aku hadir di komisi pemuda Zion.. Senangnya bisa kembali beribadah bersama-sama untuk memuji Tuhan. Semuanya terlihat seperti biasanya. Nah, kebetulan sekali pembicara firman Tuhan hari ini dari GKT jakarta.

Namanya ls. Martin... *semoga tidak salah, hihihi*

Ada sesuatu yang menarik saat ls. Martin menyampaikan firman Tuhan. Hari ini dia bercerita tentang kekristenan. Jika berbicara kekristenan, memang susah untuk menjawabnya.. Saat kita ditanya apa arti kekristenan yang sebenarnya, wah memang kita harus berpikir sejenak, nggak bisa langsung jawab begitu saja.. Firman Tuhan hari ini berdasar ke 1 Petrus 1 ayat 8-9. Ls. Martin berkata ada beberapa yang bisa dijadikan refleksi bagi kita tentang kekristenan kita..

1. Apakah kita mengasihi Tuhan..?

Nah, ada hal menarik yang diceritakan oleh ls. Martin. Dia tiba-tiba bertanya, di sini siapa saja yang sudah berpacaran..? *ayo ngakuuuu..., hahaha* Setelah bertanya dan ada beberapa tangan terangkat, dia melanjutkan ceritanya.. Nah, coba diperhatikan, biasanya ya, kalau orang pacaran itu umunmnya, yang dilakukan saat kamu bangun tidur duluan apa..? Pasti pegang ha-pe! Lalu..? Pasti mulai sms sayang, "..selamat pagi sayaaaang.." dan blablabla. *lanjutkan sendiri, hihihi* Nah kenapa bisa terjadi seperti itu..? Itu yang disebut sayang! Bangun tidur pertama yang diingat ya sayang nya.. hahaha.. Nah tapi coba, ini dibuat bahan refleksi.. Sudahkah kita mengasihi Tuhan? Pernah nggak kita bangun pagi yang diingat pertama kali itu Papi..? Trus pernah ga sih bilang "..selamat pagi.." sama Papi..? Nah,, coba dijadikan bahan renungan!

2. Apakah kita sudah percaya kepada Tuhan..?

Kalau yang satu ini, tentunya nggak sama dengan yang nomor satu di atas. Mengasihi dan percaya itu beda. Kita bisa saja berkata bahwa kita mengasihi atau mencintai pacar kita dengan sepenuh hati.., tapi apakah kamu percaya kepadanya..? Nah, sama halnya dengan percaya kepada Papi.. Kita bisa saja bilang mengasihi Papi, tapi apakah kita percaya sama Papi..?

Ls. Martin bercerita... Di jakarta, ada sebuah mal yang sangat dia suka, karena kita bisa meluncur dari lantai tujuh ke lantai satu! *WOW, dasyaaat!* Dan di lantai tujuh itu, saat kita mau memasuki arena bermain, ada lantai yang terbuat dari kaca, jadi kita bisa melihat tembus pandang dari lantai tujuh ke lantai satu.. *hiiiii...* Nah, di sana ada tertulis kalau per-meter, ubin kaca itu bisa menahan bobot sampai 125 kg... Nah terkadang jika kita memiliki berat mendekati 125, kita sering berpikir kan jika ingin menginjak ubin kaca itu..? "..Apa kuat ya ubin ini menahan berat saya..?" Kenapa kita sulit percaya..? Padahal sudah jelas-jelas tertulis di sana bahwa ubin itu mampu menahan berat sampai 125 kg.. Susah percaya yaaaaaa...

Nah apalagi hubungan kita dengan Papi.. Kita ndak pernah melihat Papi secara langsung kan..? Kita doa tiap hari juga ndak dijawab langsung kayak kita ngobrol sama orang laen kan..? Trus apa kita benar-benar sudah percaya penuh..? Kembali lagi ke 1 Petrus 1 ayat 8! "..sekalipun kamu belum pernah melihat Dia, namun kamu mengasihi-Nya. Kamu percaya kepada Dia, sekalipun kamu sekarang tidak melihat-Nya. Kamu bergembira karena sukacita yang mulia dan yang tidak terkatakan.." Nah,, bisa jadi bahan refleksi lagi kan..

3. Bersukacitalah senantiasa, udah belum..?

Nah di Filipi 4 ada tertulis kan, "..bersukacitalah senantiasa.. ..bersukacitalah.." Nah kita sebagai orang Kristen harus bersukacita senantiasa dong.. Punya Papi yang segitu dasyat masa ndak bersukacita..? hihihi... udah bersukacita senantiasa belum nih..?

Yah, kira-kira begitulah firman Tuhan hari ini, menarik sekali! Ls. Martin juga membawakannya dengan sangat baik sehingga mudah untuk ditangkap! *..like this.." hahaha... Semoga ini bisa jadi bahan refleksi buat kita semua.. Gb! =)